-->
Hal Yang Perlu Anda Ketahui Tentang Virus Corona


Awal 2020, Indonesia digemparkan dengan serangan virus yang bisa dikatakan sangat berbahaya yaitu virus corona. Puluhan ribu orang di Indonesia terjangkit virus ini dan beberapa ribu diantaranya tidak bisa diselamatkan. Tempat kerja, pasar, mall, tempat ibadah, bandara, terminal dan berbagai tempat umum lainnya mulai dikosongkan dengan tujuan untuk memutus rantai penyebaran virus ini.


Seluruh masyarakat Indonesia disarankan untuk diam di rumah, bekerja di rumah, belajar di rumah dan melakukan aktivitas lainnya hanya didalam rumah. Dikarenakan sangat cepatnya penyebaran virus ini, setiap orang yang akan keluar rumah harus menggunakan masker sebagai pencegahan namun hal ini tidak begitu efektif karena memang hal paling efektifnya sendiri yaitu menjaga jarak dan diam dirumah.


Lalu, Apa Sebenarnya Corona Itu?

Severe acute respiratory syndrome coronavius 2 (SARS-CoV-2) atau dikenal dengan virus corona merupakan virus yang menyerang sistem pernapasan dimana penyakit yang disebabkan oleh infeksi virus tersebut disebut COVID-19. Seseorang yang tejangkit virus ini memang bisa sembuh namun kasus terberat yang saat ini sedang terjadi yaitu banyaknya orang terinfeksi virus meninggal dunia. Akan tetapi beberapa sumber menyebutkan bahwa seseorang yang meninggal karena COVID-19 memang memiliki riwayat penyakit lain yang diderita dengan kata lain bukan hanya terserang virus corona saja.


Virus corona dipercaya lebih banyak menyerang orang lanjut usia atau lansia namun walaupun banyak menyerang lansia, virus ini sebenarnya bisa menyerang siapa saja entah itu bayi, anak-anak, remaja sampai dengan orang dewasa termasuk salah satunya ibu hamil dan menyusui. Infeksi virus corona pertama kalinya ditemukan di kota yang berada di China yaitu Wuhan pada akhir tahun 2019. Namun dikarenakan penularannya sangat cepat hingga saat ini sudah menyebar hampir di semua negara termasuk Indonesia yang terjadi sekitar bulan Februari.


Dikarenakan adanya masyarakat yang terinfeksi COVID-19, banyak sekali negara menerapkan berbagai kebijakan salah satunya memberlakukan lockdown dan di Indonesia sendiri tak hanya lockdown saja, pemerintah Indonesia juga menerakan pembatasan sosial berskala besar atau PSBB yang bertujuan untuk memutus rantai penyebaran virus corona.   


Tingkat Kematian Akibat Virus Corona Atau COVID-19

Menurut data terpercaya Gugus Tugas Pencegahan Penanganan COVID-19 RI, jumlah kasus yang terkonfirmasi terjangkit virus corona semakin bertambah dengan jumlah kematian yang semakin bertambah juga. Berikut ini tingkat kematian yang disebabkan oleh COVID-19 berdasarkan kelompok usia:


0 – 5 tahun : 2,26%

6 – 17 tahun : 0,55%

18 – 30 tahun : 0,88%

31 – 45 tahun : 2,40%

46 – 59 tahun : 8,70%

>60 tahun : 17,58%


Tingkat kematian yang disebabkan oleh COVID-19 ini tentunya akan terus bertambah jika kita tidak melindungi diri sendiri dan orang tersayang. Jadi, agar kita bisa hidup normal kembali seperti tahun-tahun sebelumnya solusi terbaik yaitu mematuhi semua hal yang diperintahkan oleh pemerintah jangan sampai melanggar apalagi tutup telinga atau tidak mau tahu dengan wabah ini.

Indonesia dalam penanganan virus corona saat ini sudah sampai pada tahap memberlakukannya “new normal” dimana tahap ini merupakan tahap baru di tengah wabah COVID-19. Tentu kebiasaan atau aktivitas kita akan berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya. New normal adalah fase baru kehidupan kita saat ini yang mau tidak mau harus dilalui. Selalu taati protokol kesehatan yang ditetapkan agar anda terhindar dari virus corona. Itulah sekilas tentang hal yang perlu anda ketahui tentang viru corona. Semoga anda memahaminya agar anda bisa lebih mengetahui betapa bahayanya virus ini.


LihatTutupKomentar